Selamat Datang di blog iMartha

iMartha ini dibuat untuk memberikan ilmu tentang ilmu IT ( ilmu komputer ), ilmu IT itu banyak macam nya termasuk Desain Grafish, Jaringan, Pemograman dan masih banyak lagi. Dan di blog ini saya berharap bisa mencakup semua ilmu komputer itu, walaupun mungkin secara bertahap dengan waktu yang tidak singkat.

Tutorial yang tersedia!

Semoga semua tutorial ini bisa bermanfaat dan selamat belajar :)

Andar Pratama

Tuesday, April 23, 2019

Tutorial HTML - Membuat Link

 

Link atau Hyperlink adalah sebuah teks atau objek lain seperti gambar, yang ketika kita klik akan menuju ke halaman website lain atau ke bagian tertentu pada website itu. Link ini hampir dapat kita temukan di semua website, yang membuat kita bisa menjelajah antara website satu dengan yang lainya.

Untuk membuat sebuah link yaitu dengan cara menuliskan element atau tag <a> yang tentunya dengan tag penutupnya. Element <a> mempunyai arti Anchor (Jangkar) dalam bahasa inggrisnya. Kemudian berisi atribut wajib yaitu href dengan value alamat website yang kita tentukan.

Contoh penulisanya :
<a href="https://www.google.com/">Link Google</a>
- Dibuat dengan element atau tag <a></a>
- Berisi atribut href=" " untuk memasukan tujuan link itu
- Lalu teks yang ditampilkan dibrowser ditulis dalam tag <a>

Selain atribut wajib href, ada atribut lainnya yang mempunyai kegunaanya masing-masing yang perlu saya jelaskan lebih dalam, diantaranya :

 Atribut title
Atribut ini digunakan untuk memberi informasi tambahan pada sebuah link, dan informasi itu akan tampilkan bila kursor mouse berada diatas link itu.
<a href="https://www.google.com/" title="Go to Google website">Google</a>
 Atribut target
Atribut ini berfungsi untuk menentukan tempat dimana halaman website yang berada didalam sebuah link itu berada. Dan sebetulnya atribut target ini memiliki lebih dari satu value, namun saya akan menjelaskan satu atribut saja yang sering digunakan. Value yang sering digunakan itu adalah _blank untuk membuka sebuah halaman website pada tab baru.
<a href="https://www.google.com/" target="_blank">Google</a>
Link dengan Bookmark
Ada lagi pembahasan yang lain mengenai Link, yaitu membuat penunjuk  sebuah halaman website atau biasa disebut Bookmark. Kegunaan bookmark ini untuk menuju kebagian tertentu pada sebuah halaman website, yang akan sangat berguna jika website kita sangat panjang.

Cara penulisanya :
1. Buat sebuah judul bookmark dengan atribut id
<h1 id="Judul1">Judul 1</h1>
2. Buat Link yang value nya alamat Judul 1 dengan  menulis "#" sebelumnya
<a href="#Judul1">Kembali ke Judul 1</a>
Tentu nya ini akan terlihat berfungsi jika halamanya sangat panjang, Judul 1 berada di paling atas halaman, dan Link nya berada di paling bawah website. Jika isi website nya sedikit makan Link Bookmark ini tidak telihat berfungsi.

3. Bisa juga pindah ke halaman lain ke bagian tertentu
<a href="halaman_kedua.html#Judul1">Pindah ke halaman kedua Judul 1</a>

No comments:
Write Post a Comment